Iklan sari mutiara idul fitri

SNMPTN 2022 Diumumkan, Simak Prodi Paling Diminati di USU

GLOBALMEDAN.COM MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU)  menerima 1.985 mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

“Dari jumlah tersebut program studi Saintek dengan peminat tertinggi  ditempati Farmasi, Pendidikan Dokter dan Teknologi Informasi,” kata Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos M Si, Selasa (29/3/2022)

Disebutkannya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil seleksi jalur SNMPTN 2022 di Jakarta. Pengumuman tersebut juga disiarkan secara daring melalui kanal YouTube.

Untuk peminat tertinggi Soshum
ditempati  program studi Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Hukum.

Sementara itu, peogram studi Saintek dengan peminat terendah di USU ditempati Fisika, Kimia, dan Teknik Mesin. Sedangka  program studi Soshum dengan peminat terendah diisi prodi Sastra Daerah untuk Sastra Melayu, Etnomusikologi, Sastra Daerah untuk Sastra Batak.

Pada pengumuman tersebut juga diketahui USU menempati posisi 18 dari 20 Perguruan Tinggi Negeri dengan penerimaan mahasiswa terbanyak.

Beberapa program studi termasuk dalam persaingan terketat, yakni prodi Gizi USU dengan tingkat keketatan 1,16%, Teknik Informasi dengan tingkat keketatan 1,76%, serta  Ilmu Komputer dengan tingkat keketatan 1,82%.

Penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN mengawali proses penerimaan mahasiswa di USU. Rektor USU Dr Muryanto mengapresiasi mahasiswa yang  lulus melalui jalur SNMPTN 2022. Ia berharap bagi peserta yang belum lulus untuk termotivasi.

“Kami ucapkan selamat kepada calon mahasiswa USU yang dinyatakan lulus. Bagi peserta yg belum beruntung di jalur ini, masih ada dua jalur lain yang bisa dicoba, yaitu SBMPTN dan Mandiri. Kami menghimbau agar para calon pendaftar mempersiapkan diri,” ujar Rektor USU.

Selain itu, Wakil Rektor I USU Dr Edy Ikhsan, SH, MA juga mengingatkan agar mahasiswa yang diterima pada jalur SNMPT 2022 untuk memperhatikan tahapan selanjutnya. Ia menyebutkan jika proses pendaftaran ulang dan melengkapi berkas menjadi hal penting.

“Kepada mahasiwa baru yang lulus jalur SNMPTN untuk memperhatikan dengan seksama dan detil tahapan selanjutnya. Tolong dicatat tanggal pentingnya, sehingga tidak terlewat. Sering kali mahasiswa terlambat dalam melakukan pendaftaran ulang karena tidak memperhatikan tenggat waktu,” kata Edy.

Dr Edy Ikhsan menambahkan mahasiwa baru yang lulus jalur SNMPTN harus melengkapi biodata dan mengunggah dokumen sebagaimana disyaratkan melalui laman https://registrasi.usu.ac.id, mulai 4-10 April 2022.

Selain itu, calon mahasiswa juga harus mengikuti rangkaian kegiatan registrasi, seperti membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), serta Pemeriksaan Narkoba & Kesehatan.

Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia, M Psi, Psikolog, menyebutkan pengumuman hasil SNMPTN 2022 dapat diakses melalui Laman Utama Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2022 https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id atau melalui 31 Laman Mirror Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN 2022.

Khusus untuk USU, katanya dapat mengakses https://snmptn.usu.ac.id.

Ia juga memaparkan pembukaan jalur SBMPTN untuk masuk perguruan tinggi.

“Para pendaftar yang tidak lulus SNMPTN 2022, dapat mencoba jalur SBMPTN,” kata Amalia.

Diingatkannya pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan SBMPTN 2022 akan dilaksanakan pada 23 Maret hingga 15 April 2022.

Pelaksanaan UTBK, gelombang I akan digelar pada 17-23 Mei 2022 dan Gelombang II pada 28 Mei sampai 03 Juni 2022. Sedangkan pengumuman akan disampaikan pada 23 Juni 2022.. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.