Hut 10 indosat

Tingkatkan Ketakwaan, Undhar Sembelih 13 Hewan Kurban

MEDAN -Universitas Dharmawangsa ( Undhar) Medan rayakan Idul Adha dengan semangat berbagi melalui penyembelihan dan penyaluran hewan kurban, Selasa (18/6/2024)

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Yayasan Pendidikan Dharmawangsa  di halaman  Kampus Pascasarjana Jalan  Yos Sudarso Medan ini membagikan 637 kupon daging sapi kurban.

Daging kurban selain dibagikan kepada sivitas dan warga sekitaran kampus juga dikirimkan ke masyarakat muslim di Kabupaten Karo.

Rektor Undhar, Dr H Zamakhsyari Lc MA mengatakan, berkurban menjadi salah satu rangkaian ibadah dalam Hari Raya Idul Adha.

“Selain sebagai bentuk kepedulian umat manusia dengan sesamanya, berkurban juga menjadi salah satu wujud ketakwaan seorang umat muslim kepada Allah,” kata rektor

Seperti halnya dengan Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya. Maka saat itu pula ia tengah menunjukkan ketakwaannya terhadap Allah.

Menurutnya, Idul Adha merupakan momentum penting bagi umat Islam. Ada banyak hikmah yang dapat diambil dari prosesi kurban ini di antaranya dapat meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah SWT, dan berbagi kebaikan kepada sesama

Dengan dilakukannya penyembelihan hewan kurban, rektor memberikan apresiasi kepada panitia kurban yang sudah melaksanakan kegiatan rutin di kampus ini.

Sehari sebelumnya, dosen, guru, pegawai dan masyarakat sekitar bersama keluarga besar Dharmawangsa melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H di lapangan kampus yang dihadiri Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Muzakkir SE

Bertindak sebagai Imam dan Khatib Dr Rahmat Hidayat MA yang juga Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Undhar Medan

Pelaksanaan salat Idul Adha dan kurban ini, kata Rahmat merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang tetap dilestarikan menjadi tradisi yang baik.

Pada kesempatan itu Dr Rahmat Hidayat mewakili rektor dan yayasan menyerahkan daging kurban kepada penerima kurban

“Syukur Alhamdulillah, tahun ini kita menyembelih 13 ekor yang berasal pengurus yayasan, rektorat, dosen, karyawan dan lainnya yang berpartisipasi menjadi peserta kurban 1445 H,” kata Rahmat.

Pada penyerahan daging kurban itu juga dihadiri Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Muhammad Amri Nasution MSi, Sekretaris Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan Hj Farida Hanum Nasution MAP dan Koordinator Panitia Kurban Darmawansyah.

Hadir juga WR II Eddy Iskandar dan Ketua Panitia Umar Hamdan, dan Koordinator Qurban Ustadz Drs. Ahmad Syamsuri.

Rahmat menjelaskan, tujuan berkurban, pertama adalah untuk berbagi kepada sesama yang ada di sekitar.

Kedua, kurban dapat memupuk rasa solidaritas dari yang berkurban supaya mempunyai rasa empati dan rasa berbagi kepada sesama. Artinya, kurban merupakan upaya memberikan sedikit harta yang dimiliki guna diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang membutuhkan bantuan.

Kata Rahmat, kisah pengorbanan Nabi Ismail ini untuk berkurban dan menjadi tema dalam ceramah salat Idul Adha tahun 2024 ini.

Begitu besarnya pengorbanan tentang bagaimana kisah Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anak semata wayangnya Nabi Ismail.

Usai salat berjamaah dilanjutkan buka puasa dan sarapan bersama dengan peserta yang hadir.

“Kita harapkan kegiatan-kegiatan keagamaan termasuk kurban ini meningkat setiap tahunnya dan menjadi motivasi bagi guru dan dosen untuk terus berkurban,” imbuh Rahmat.

Ia berharap pendistribusian daging kurban ini dapat membantu masyarakat miskin.

Menurutnya, semangat berkurban seharusnya tidak berhenti pada kurban hewan, melainkan meluas pada kepedulian sosial yang berkelanjutan, sehingga jumlah dermawan semakin bertambah untuk mengatasi problem kemiskinan saat ini. ( ima)