Iklan sari mutiara idul fitri

UMSU Launching Buku Rekam Jejak HM Nur Rizali

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN- Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melaunching Buku “Rekam Jejak HM Nur Rizali”salah satu tokoh Muhammadiyah yang juga pelaku sejarah yang ikut terlibat langsung dalam perjalanan perkembangan kampus UMSU.

Acara peluncuran buku digelar di aula Kampus UMSU di Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Selasa (19/7/2022) lalu.

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP mengungkapkan, sejarah tentang tokoh persyarikatan Muhammadiyah Sumatera Utara masih banyak yang terputus.

Sebelumnya sudah pernah ada yang menggagas untuk menulis buku tentang sejarah persyarkatan Muhammadiyah, termasuk para tokoh.

Namun sampai sejauh ini rencana dan keinginan menuliskan sejarah itu belum sepenuhnya terwujud.

“Maka peluncuran buku ini sebenarnya sebagai tanggung jawab terutama berkaitan sejarah tokoh persyarikatan Muhammadiyah,” katanya.

Rektor menjelaskan sekilas kenangannya bersama Almarhum HM Nur Rizali yang merupakan dosen saat masih berkuliah di UMSU.

Menurutnya, sebagai mahasiswa sekaligus sahabat banyak hal yang didapatkan dari keteladanan dan sikap kepemimpinan yang ditunjukkan M Nur Rizali.

“Bapak H. M. Nur Rizali SH atau biasa kami akrab memanggilnya dengan Pak Nur, menyimpan kenangan tersendiri bagi Saya. Beliau adalah sosok dosen yang lugas dan tegas dalam mengajar mata kuliah Pancasila, maka tak jarang para mahasiswanya begitu serius dan antusias ketika beliau mengajar,” tuturnya.

Sosok Bapak M Nur Rizali bisa disebut sebagai agenda berjalan karena ketekunan dalam pengarsipan dan mendokumentasikan.

Ada begitu banyak arsip dan catatan yang berhasil dikumpulkan sehingga dokumen terkait berbagai peristiwa sejarah, termasuk UMSU didalamnya masih bisa dinikmati sampai sekarang ini.

Selanjutnya Rektor menjelaskan, perkembangan dan sejumlah capaian prestasi UMSU baik nasional dan internasional yang sesungguhnya juga bagian dari kerja-kerja yang dilakukan generasi dan para tokoh sebelumnya.

“Alhamdulillah UMSU hari ini telah masuk dalam lembaga pemeringkatan internasional QS Star, selain pengakuan dari lembaga akreditasi Malaysia (MQA),” ujarnya.

Sebelumnya anak Almarhum HM Nur Rizali yang juga penulis buku, Dra. Hj. Yuniar M.Pd menceritakan, buku yang ditulisnya lahir dari kegemarannya mengikuti sepak terjang tokoh yang dikenal sangat gemar dan teliti dalam mendokumentasikan atau mengarsipkan catatan peristiwa penting.

“Bahkan terkadang dokumen atau arsip yang barangkali bagi orang lain tak begitu penting, bagi almarhum justeru dikumpulkan, semisal karcis atau tiket perjalanan sehingga orang lain bisa mengikuti jejak sejarah, termasuk sejarah perkembangan UMSU,” katanya.

Yuniar mengaku, sebagai anak selalu mendapatkan dukungan dan dorongan untuk selalu gemar menulis. Bahkan sebagai bentuk motivasi, almarhum mencantumkan nama Yuniar dalam buku yang ditulisnya karena keinginan yang begitu kuat agar ada anaknya yang mewarisi hobi menulis dan mendokumentasi catatan sejarah.

Dalam kesempatan itu Yuniar mewakili keluarga besar Almarhum HM Nur Rizali menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UMSU yang telah memberikan dukungan dalam penerbitan buku HM Nur Rizali.

Sementara Mewakili Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumut, Prof. Nawir Yuslem memberikan apresiasi atas launching buku HM Nur Rizali yang bisa dijadikan sosok tokoh teladan.

Dia berharap kegiatan peluncuran buku bisa terus diagendakan untuk membangkitkan motivasi bagi generasi penerus.

Peluncuran buku ditandai dengan penyerahan buku kepada, Rektor UMSU dan sejumlah tokoh Muhammadiyah dan tokoh organisasi otonom.

Acara diakhiri dengan ulasan testimoni yang dipandu moderator Rafdinal S.Sos MAP dan menghadirkan Shohibul Anshor Siregar,
Dra Ratnawati MA, Edi Hanafi SH MH dan Drs Ibrahim Sakti Batubara MAP. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.