Hut 10 indosat

UMSU Wisuda 1.943 Lulusan Berprestasi, PP Muhammadiyah: Cukup Membanggakan

MEDAN– Sebanyak 1.943 lulusan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( ( UMSU) diwisuda selama dua hari, Selasa dan Rabu  (9-10/7) di Selecta Convention Hall Jalan Listrik Medan.

Wisuda dihadiri Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Syafiq A. Mughni, MA dan Kepala LLDikti Sumut Prof. Saiful Anwar Matondang, PhD.

Sementara sidang senat terbuka  dipimpin Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dan dihadiri anggota senat Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, M.Hum, Wakil Rektor II Prof. Dr. Akrim, MPd, Wakil Rektor II Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si, dekanat dan pimpinan pascasarjana.

Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Syafiq A. Mughni menyampaikan selamat kepada lulusan yang diwisuda banyak berprestasi.

Atas nama PP Muhammadiyah, Prof. Syafiq menegaskan UMSU sebagai universitas telah mencapai prestasi luar biasa dan ternama sehingga cukup membanggakan persyarikatan dan masyarakat.

Itu semua karena rektor dan jajarannya memiliki keseriusan, menerapkan manajemen yang handal, ikhlas dan amanah dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada siapapun tanpa diskriminasi.

Atas prestasi itu, lanjut Prof. Syafiq, UMSU bersama PP Muhammadiyah mendapat penghargaan Zayed Award for Human Fraternity 2024 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Februari 2024.

Menurut Prof. Syafiq, penghargaan tahunan ini menjadi bentuk pengakuan dunia internasional atas upaya organisasi atau individu dalam hal memberi contoh aksi kemanusiaan dan perdamaian.

Dari pengakuan internasional ini, lanjutnya, UMSU semakin dikenal dan banyak yang menjalin kerjasama internasional.

Tindaklanjut dari sini, Rektor UMSU Prof. Agussani akan bertemu dengan Syekh Al-Azhar, Kairo, Mesir di Jakarta.

Kepala LLDikti Sumut Prof. Saiful Anwar Matondang, PhD menyampaikan dia bangga dengan kemajuan UMSU dan para lulusannya yang banyak diserap pasar kerja.

Untuk itu Prof. Saiful mengapresiasi dan gembira program internasionalisasi di beberapa fakultas dan prodi sudah berjalan di UMSU.

Dia berharap UMSU terus menambah akreditasi internasionalnya untuk prodi lain yang sudah Unggul.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyampaikan deretan prestasi nasional dan internasional dari mahasiswa dan para lulusan yang cukup membanggakan.

Rektor juga berharap para mahasiswa menjaga nama baik almamater dan mengucapkan terimakasih kepada orangtua yang mempercayai UMSU sebagai tempat menimba ilmu untuk generasi muda.

Selain itu, Rektor Prof. Agussani memohon dukungan para lulusan untuk menyukseskan Muktamar Muhammadiyah di Medan pada 2027.

Seiring itu UMSU tengah menyiapkan infrastruktur kampus terpadu di Sampali, Deliserdang untuk tempat muktamar dan tower UMSU berlantai 17 untuk melayani administrasi dan pelayanan perkuliahan mahasiswa.

Rektor juga menyampaikan para lulusn harus bangga bahwa UMSU berhasil masuk ke peringkati 21 perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik untuk kawasan Asia Tenggara versi Pemeringkatan Applied Higher Education ASEAN’s Private University Ranking (AppliedHE).

Selain itu UMSU juga telah mendapat rating bintang 4 dari QS Star serta lembaga pemeringkatan internasio al THE.

Sarjana yang wisuda juga banyak yang menorehkan prestasi di bidang akademik dan non akademik yang telah mengharumkan UMSU, Kota Medan, Sumatera Utara dan bangsa Indonesia di kancah internasional.

Basrah Bee Binte Shaik Husain, salah seorang wisudawan fakultas kedokteran asal Singapura mengaku bangga kuliah di UMSU.

Basrah menjadi lulusan yang menyampaikan pidato di hadapan para hadirin yang terasa menginspirasi . ( swisma)