Bawaslu Sumut Hadiri Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wagubsu 2024

MEDAN- Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara Suhadi Sukendar Situmorang menghadiri sosialisasi tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2024.

Acara diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di JW Marriot Hotel Medan, Jumat (26/4/2024) ini juga dirangkai dengan persiapan penyerahan dukungan pencalonan perseorangan bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara 2024.

Sosialisasi mencakup Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024, tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

Suhadi mengapresiasi acara sosialisasi dilakukan KPU tersebut. Ia menyarakan Bawaslu siap mengawasi setiap tahapan-tahapan Pilkada 2024.

“Bawaslu siap mengawasi seluruh tahapan Pilkada serentak 2024,” ujarnya, Sabtu (27/4/2024).

Hadir dalam kegiatan sosialisasi ini perwakilan dari Pj Gubernur, Pangdam 1 Bukitbarisan, kepolisian, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), partai politik, media massa serta akademisi.

Ketua KPU Sumut, Agus Arifin ketika membuka sosialisasi itu menuturkan tujuan kegiatan ini untuk menginformasikan seluruh agenda KPU serta tahahapan-tahapan yang ada kepada masyarakat yang lebih luas dalam persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ia pun meminta seluruh elemen masyarakat pro aktif menyukseskan Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024.

Sementara itu, Kordiv Humas, Data dan Informasi, Saut Boangmanalu juga memberikan apresiasi kepada kegiatan tersebut.

Lulusan Pascasarjana Nomensen ini mengimbau jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota agar bersiap melakukan pengawasan tahapan Pilkada serentak 2024.

Diakuinya, Pilkada memiliki tantangan tersendiri sehingga dituntut untuk lebih baik lagi dari apa yang sudah dilakukan pada saat Pemilu kemarin.

“Kata kuncinya terus upgrade kemampuan serta tanggap terhadap perkembangan,” pungkasnya. (swisma)