Di Tengah Banjir Rob, Bobby Nasution Penuhi Janji Bantu Pelaku UMKM & Istri Nelayan Berwirausaha

0

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN – Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap UMKM, Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan bantuan kepada sejumlah pelaku UMKM di Jalan Raya Bagan Deli, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (31/3). Diharapkan,  bantuan yang diserahkan hasil kerja sama Pemko Medan melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan dan PT BRI tersebut dapat membantu dalam meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka.

Bantuan itu diberikan kepada  5 klaster usaha olahan laut  dan kluster konveksi usaha sepatu serta pakaian di kawasan Medan Denai. Kemudian, UMKM Medan Tuntungan dan sejumlah koperasi usaha, salah satunya Koperasi Harapan Wanita Pesisir Utara yang bergerak di sektor usaha pertanian, kehutanan dan perikanan. Bantuan diserahkan langsung Bobby Nasution didampingi Regional CEO BRI Medan Budi Novianto.

Meski dalam kondisi banjir rob, Bobby Nasution tetap bersemangat untuk bisa hadir langsung di tengah masyarakat. Disambut hangat oleh warga, menantu Presiden Joko Widodo ini dalam sambutannya mengatakan,  apa yang dilakukan hari ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuannya dengan warga dalam rembug nelayan yang digagas DPP Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) beberapa waktu lalu.

Bobby nasution mengaku,  peningkatan ekonomi masyarakat, terutama para nelayan menjadi fokus perhatian Pemko Medan. Salah satunya adalah melalui pembinaan, pelatihan dan pendampingan kepada istri-istri nelayan. “Nelayan itu bukan hanya yang pergi ke laut, tapi bagi mereka yang menunggu di rumah, juga bagian dari nelayan. Jadi, harus kita bantu perekonomian keluarga lewat para istri,” kata Bobby Nasution disambut tepuk tangan dari warga yang umumnya kaum ibu tersebut.

Orang nomor satu di Pemko Medan  ini tidak ingin kehadiran dirinya bersama jajarannya hanya sekadar seremonial semata. Untuk itu lah, setiap kali masyarakat menyampaikan keluhan dan masukan, bilang Bobby, sedapat mungkin untuk bisa segera ditindaklanjuti melalui OPD terkait di lingkungan Pemko Medan.

“Kemarin kita sudah janji dan hari ini janji itu satu persatu coba kita penuhi. Mudah-mudahan masyarakat bisa terbantu dan semakin bersemangat dalam berwirausaha,” tambahnya didampingi Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Benny Nasution seraya mengaku kehadiran juga ingin ikut merasakan banjir rob kawasan tersebut.

Kepada Camat Medan Belawan dan lurah setempat, suami Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu itu minta agar dilakukan pendataan dan mengajak para kaum ibu untuk berwirausaha. Kemudian, membuat sebuah kelompok usaha sehingga memudahkan untuk mendapatkan bantuan.

“Jadi bu, kalau sudah dibuat kelompok, nanti kalau ada yang mau pesan, bisa dipesan secara berkelompok juga. Bantuan dan modalnya juga bisa secara berkelompok. Biar apa? Biar gak ada yang iri-irian lagi di antara kita yang sama-sama mencari rezeki. Jadi, bisa dibagi dan dimanfaatkan bersama,” ungkapnya.

Sebelum meninggalkan lokasi penyerahan bantuan, Bobby Nasution juga dengan senang hati menerima ajakan warga yang ingin berfoto dengannya. Lalu, Bobby Nasution juga memborong seluruh jajanan hasil produk UMKM warga sekitar dan kemudian membagi-bagikannya kepada masyarakat yang antusias menyambut kedatangan pria kelahiran Kota Medan tersebut.(rizky)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.