DPRD Kritik Kinerja PU Medan Dalam Persoalan Drainase dan Luapan Air Saat Hujan Turun

0

GLOBALMEDAN – Medan : Hujan deras dari Sore hingga Malam menyebabkan hampir sejumlah kawasan di Kota Medan terendam air. Dari penulusuran awak media, Minggu (27/02/22) dibeberapa titik kawasan seperti kecamatan Medan Area, Medan Amplas, Medan Denai dan Medan Kota terendam air.
Akibatnya ratusan kenderaan baik itu roda dua maupun roda empat mogok karena tak mampu melewati jalan yang terendam air yang mencapai selutut orang dewasa tersebut.
Bahkan ketika menelusuri dikawasan Jalan Rahmadsyah tidak hanya pemukimam warga namun terimbas juga kepada rumah ibadah yakni Musholla Fatul Amin yang berada di Jalan Sutrisno Gang Cempaka Medan, Kelurahan Kotamatsum I, Kecamatan Medan Area, Kota Medan.
Terlihat jelas aliran air yang berasal dari Jalan Rahmadsyah cukup deras mengarah ke Jalan Sutrisno, akibat ratusan rumah yang berada di dataran rendah terendam air hingga selutut lebih orang dewasa.
Terkait kondisi itu, anggota Komisi 4 DPRD Medan, Dedy Aksyari Nasution menyampaikan ke prihatinan melihat luapan air yang berasal dari parit cukup tinggi. “Hujan yang terjadi pada sore hingga Minggu Malam, merendam pemukiman penduduk dan pertokoan. Tidak tahu apa penyebabnya apakah sungai meluap atau aliran parit yang meluap akibat tidak mampu menampung debit air,” Ujarnya.
Dari hasil laporan yang disampaikan warga melalui whatsapp kepada dirinya, melaporkan rumah mereka yang terendam air seperti Jalan Seksama, Simpang Limun, STM, Japaris/Rahmadsyah, Laksana, Ismailiyah, Medan Area, Sukaramai, sebagian Jalan Bromo, Jalan Garu I, II, III, bahkan Jalan Sisingamangaraja turut terendam air.
Masih menurut, Dedy, seharusnya pihak kelurahan, kecamatan dan Dinas PU melalui UPT turun langsung kelapangan dan memetakan lokasi genangan air. “Kalau dilihat memang telah dilakukan pekerjaan perbaikan drainase namun sejauh ini belum mampu menyelesaikan genangan air hingga merendam pemukiman warga saat hujan,”ucap Politisi Gerindra tersebut. (rizky)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.