Dukung UMKM Tingkatkan Penjualan di Ramadan, Ninja Xpress Beri Customized Solutions

0

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Dengan jenis usaha yang semakin beragam dan perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang semakin maju, maka satu solusi yang sama tidak lagi dapat diterapkan untuk semua UKM.

Kondisi ini melatarbelakangi Ninja Xpress untuk selalu melampaui sekedar bisnis logistik dalam mendampingi UKM untuk meningkatkan penjualan dengan memberikan customized solutions yang disesuaikan dengan lini bisnis mereka.

Dengan Ramadan yang semakin dekat, Ninja Xpress menyelenggarakan virtual sharing session Ramadan 101: Raih Berkah dan Cuan Saat Ramadan, Rabu (30/3/2022). Di acara itu, Ninja Xpress membagikan beberapa pandangan dan tren, serta mengundang UKM untuk berbagi tips bisnis dalam membantu UKM meraih khalayak yang tepat untuk meningkatkan penjualan mereka.

Berdasarkan catatan Ninja Xpress, Peningkatan pengiriman Ramadan sebesar lebih dari 50% terjadi pada 2021 dengan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur menjadi top 3 daerah yang didominasi paket berukuran kecil.

“Ninja Xpress optimis akan terjadi peningkatan jumlah pengiriman pada Ramadan tahun ini juga,” ujar Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Ia menjelaskan, dengan melihat tren kenaikan jumlah pengiriman paket tersebut, UKM Indonesia terbukti memiliki endurance sehingga berhasil bertahan melalui masa pandemi.

“Solusi yang mereka butuhkan tentu kini lebih spesifik sehingga inilah yang menjadi latar belakang Ninja Xpress memberikan customized solutions untuk masing-masing lini bisnis, baik itu makanan, minuman, fashion, kecantikan, hingga peralatan rumah tangga,” jelasnya.

Menurutnya, jika melihat dari perilaku konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan berdasarkan riset #RamadhandiTwitter akan terjadi peningkatan pembelian selama Ramadhan dimana 9 dari 10 orang berniat melakukan belanja barang di bulan Ramadhan.

Diakuinya, setiap lini bisnis ini tentu memiliki tantangan yang berbeda dalam memasarkan produknya di saat Ramadan sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula. Inisiatif customized solutions Ninja Xpress memetakan kembali potensi pasar, keunggulan produk, tantangan yang dihadapi dan tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang sebenarnya paling mereka butuhkan.

“Dari hasil pemetaan ini, Ninja Xpress kemudian menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah dan komprehensif serta terus mendampingi UMKM selama pelaksanaannya agar mereka berhasil meningkatkan penjualan,” katanya.

Sementara itu, Widya Pangestika, Social Media Specialist dari HR Group (Dr. O) sebagai salah satu UKM yang hadir dalam sesi tersebut menjelaskan, menjelang Ramadan, produk madu mereka menjadi produk yang paling banyak dicari konsumen untuk menjalani puasa.

“Meskipun produk kami sudah memiliki sertifikasi BPOM dan halal namun di sisi lain kami masih menghadapi adanya kendala yaitu masih kurangnya awareness masyarakat terhadap produk dari HR Group,” ungkapnya.

Ia tak menampik pihaknya memerlukan bantuan dari sisi awareness melalui customized solutions, Ninja Xpress membantu memberikan slot videotron di beberapa titik secara gratis.

“Ninja Xpress tidak hanya memberikan solusi pemasaran tepat sasaran tapi juga mengubahnya menjadi peluang bisnis yang lebih besar lagi dengan customized solutionsnya,” tukasnya.

Nabella dari Muluse yang bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress pada November 2021 menjelaskan, sebagai UMKM yang baru berdiri dengan produk yang baru diluncurkan, pihaknya sangat membutuhkan pelatihan bisnis tentang branding.
Menurutnya customized solutions Ninja Xpress menyediakan kebutuhan tersebut.

“Kami diberikan fasilitas belajar melalui kurasi dan juga diberikan fasilitas foto dan video produk secara gratis. Selain itu dengan bergabungnya Muluse dengan Ninja Xpress, kami memperkirakan akan ada peningkatan penjualan sebesar 20 persen,” katanya.

Addiniya dari TB Baneska yang mengandalkan penjualan fesyen gamis dan hijabnya pada bulan Ramadan tahun ini juga menyatakan kepuasannya dalam menggunakan customized solutions Ninja Xpress.

”Baneska selama ini mengalami kesulitan untuk bekerjasama dengan influencer dan harus menunggu lama untuk mendapat jadwal posting namun customized solutions Ninja Xpress sangat membantu kami dalam membangun kerjasama dengan KOL tier 1,” tuturnya.

Dikatakannya, Baneska juga mendapat bantuan iklan videotron, pemasaran yang tidak pernah dilakukan sebelumnya karena biaya yang tinggi. Ia mengakui Ninja Xpress sangat membantu dalam mengefisiensikan biaya operasional dan pemasaran tersebut. Sejak Maret, Baneska sudah mulai mengalami peningkatan penjualan dan berharap akan ada kenaikan penjualan sebanyak 20%-30% pada Ramadan kali ini.

Layanan customized solutions tersebut disediakan Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions yaitu dengan Creative Hub tempat UMKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist, dukungan iklan offline dan online. Hal ini agar UMKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis, kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, hingga layanan manajemen konten media sosial.

Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress ataupun yang baru mendaftar melalui selalusiap.ninjaxpress.id (gusti)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.