Embarkasi Medan Berangkatkan 8.624 Jemaah Calhaj, 6 Batal ke Tanah Suci

MEDAN-Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan berangkatkan 8.624 jemaah calon haji ( calhaj) asal Sumatera Utara ke tanah suci.

Total dari jemaah tersebut termasuk tambahan dari yang 20 ribu, Sumut mendapatkan kuota 296 orang.

” Namun dari 8.624 jemaah calon haji yang diberangkatkan terbagi di 25 kloter itu tercatat enam orang batal ke Mekkah,” ungkap Ketua PPIH Embarkasi Medan yang juga Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi saat pemaparan evaluasi pemberangkatan haji 2024 di Gedung Jabal Nur Asrama Haji Medan, Senin (10/6/24).

Qosbi didampingi Kabag TU M Yunus, Kabid Haji Zulfan Efendi, dan Koordinator Media Centre Imam Mukhair menyebutkan, ke 6 jemaah calhaj yang batal tersebut 2 di antaranya karena hamil, dan empat orang karena sakit.

Kedua jemaah yang hamil itu merupakan dari kloter 15 asal Mandailing Natal dan Kloter 24 asal Medan. Sementara untuk 4 orang yang sakit dari kloter 16, 19, dan 21.

“Insya Allah kalau semua lengkap, keenam calon jemaah haji yang batal itu rencana akan diberangkatkan haji untuk tahun depan,” sebutnya.

Terkait jemaah yang hamil bisa lolos sampai ke Embarkasi Medan, Qosbi menjelaskan kemungkinan di daerah tidak diperiksa satu-satu.

“Mungkin sampai empat orang sekali masuk tes urin. Kalau di sini satu orang satu yang masuk, dan urin langsung disetor. Makanya enggak bisa lolos,” paparnya.

Keenam calon jemaah haji yang batal berangkat iti, kata Qosbi tidak dialihkan kepada keluarga lainnya. Sebab persiapan untuk peralihan hanya bisa dilakukan untuk di bawah kloter awal.

“Di bawah kloter 20 masih bisa kita siapkan cadangan. Kita punya cadangan 700 orang. Tapi kalau sudah di atas kloter 20, itu dibatalkan karena pengurusan visa dan lainnya susah tidak bisa,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan hingga  hari ini terdapat dua jemaah asal Sumut meninggal dunia di Tanah Suci.

Jemaah haji yang wafat atas nama Aurisnayati Abdul Jalil (61 tahun) Kloter 12 asal Deliserdang, wafat di Rumah Sakit Arab Saudi Mekah pada 7 Juni 2024.

Sedangkan satu orang lagi jemaah atas nama Ruhum Hasibuan (61 tahun) Kloter 10 asal Padang Lawas yang wafat di Rumah Sakit King Faisal Mekah 9 Juni 2024.

Lebih lanjut Qosbi menjelaskan, pemberangkatan jemaah calon haji asal Sumatera Utara melalui
Embarkasi Medan diakhiri dengan pelepasan kelompok terbang (Kloter) 25 dari Asrama Haji Medan menuju Bandara Kuala Namu (KNIA), pada Senin (10/6/2024) pagi.

“Dengan diberangkatkannya calhaj asal Sumatera Utara ini kami seluruh panitia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang bertugas di Embarkasi Medan yang selasai proses pemberangkatannya,” pungkas Qosbi. ( swisma)

 

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.