Lestarikan Budaya, Milad Beksi Satria Betawi: Pencak Silat Pemersatu Bangsa

0


BasisNews – Jakarta |
Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri yang telah ada dari generasi ke generasi dan telah menjadi identitas serta pemersatu bangsa Indonesia.
Pada tahun 2019, UNESCO pun mengakui pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda. UNESCO menilai, tradisi tersebut dapat diadopsi dan berkembang dengan baik di berbagai wilayah di Indonesia karena mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati dan mempromosikan kohesi sosial.

Salah satu perguruan silat di Jakarta yang mengimplementasikan nilai-nilai tersebut adalah Perguruan Beksi Satria Betawi.
Dalam acara Milad ke 13 tahun yang digelar pada hari Minggu (03/10/2021) di Pesing Koneng, Kedoya Utara, Jakarta Barat, menampilkan pencak silat dan tarian khas Betawi.

Babeh Uring Maulana alias Centeng Cipadu selaku Guru Besar mengatakan, acara yang dilaksanakan untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Betawi agar tidak punah.
“Kebudayaan Betawi, seperti silat harus dilestarikan sehingga nantinya tidak punah
dan dapat dicintai oleh generasi muda kedepannya,” ujarnya.
Selain menampilkan beragam kebudayaan Betawi, seperti silat dari beberapa perguruan yang ada di DKI Jakarta juga menyantuni anak yatim, dan dhuafa yang berada di wilayah sekitar.
(Abie)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.