MTQ ke-55 Kota Medan Terapkan Prokes Ketat, Tanpa Penonton, dan Wajibkan Penggunaan Aplikasi Pedulilindungi

0
GLOBALMEDAN.COM, MEDAN – Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) ke-55 Tingkat Kota Medan Tahun 2022 di Kecamatan Medan Belawan 18 sampai 25 Februari mendatang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain tanpa penonton, seluruh peserta harus sudah divaksin.

Hal ini dikatakan Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Setda kota Medan, Muhammad Sofyan, dalam talk show di stasiun televisi swasta INews, Rabu (16/2). Turut sebagai pembicara dalam kegiatan ini Ketua Harian LPTQ Medan Palit Muda Harahap dan Wakil Ketua MUI Medan, Burhanuddin.

Sofyan mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-55 ini dilakukan di beberapa tempat di kawasan Medan Belawan, yakni Gedung OB Sya’af Lantamal I, SMK Muhammadiyah 04, dan Kantor Camat Medan Belawan. Tempat-tempat ini juga dilengkapi dengan peralatan scan aplikasi pedulilindungi.

“Selain itu, setiap harinya kegiatan berlangsung mulai pagi hingga sore saja. Malam tidak ada lagi kegiatan,” sebut Sofyan.

Sofyan juga mengatakan, pembukaan MTQ ke-55 Kota Medan ini akan berlangsung pada Jumat, 18 Februari 2022 Pukul 14.30 WIB di Gedung OB Sya’af Lantamal I. Sedangkan Penutupan dilakukan pada 25 Februari di tempat dan waktu yang sama.

Dalam talk show yang ditaja Dinas Komunikasi dan Informatika Medan bekerja sama dengan INews itu, Ketua Harian LPTQ Medan Palit Muda Harahap mengatakan, penyelenggaran MTQ Kota Medan ini dilakukan dengan prokes ketat dan hati-hati.

“Tak ada penonton. Saat tampil, yang ada di dalam ruangan hanyalah peserta dan dewan hakim. Official hanya bisa mengantar sampai pintu dan menunggu di luar ruangan,” ucap Palit.

Selain itu, seluruh orang yang berada di lokasi wajib mengikuti prokes. Peserta hanya boleh melepaskan masker saat tampil. Pelantang juga akan disterilkan setelah setiap peserta tampil.

“Pemenang dari MTQ ini akan menjadi perwakilan Medan dalam MTQ Tingkat Sumut yang akan diselenggarakan pada 21 Maret  bulan depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Medan, Burhanuddin mengimbau masyarakat untuk mendukung pelaksanaan MTQ ke-55 ini dengan mendoakan agar perhelatan ini berjalan dengan baik.

“Kita juga harapkan, dengan lantunan-lantuan ayat suci Al Qur’an, warga Medan dapat terlindungi dari pandemi ini,” ungkapnya.

Perhelatan MTQ ke-55 Kota Medan ini memperlombakan berbagai cabang, antara lain Seni Baca Al Qur’an, Qiraat Al Qur’an, Hafalan Al Qur’an, Fahm Al Qur’an, Seni Kaligrafi Al Qur’an, dan Tafsir Al Qur’an. Kegiatan ini juga didapat disaksikan warga Medan melalui live streaming di Youtube Chanel MTQ Ke-55.(rizky)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.