Iklan smsi

Opening Fesyar Sumut 2022, Ekosistem Keuangan Syariah Indonesia Terbaik di Dunia

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Indonesia berhasil menduduki peringkat puncak sebagai negara dengan ekosistem keuangan Syariah terbaik secara global. Salah satu faktornya karena memiliki sektor keuangan sosial syariah yang paling dinamis di antara semua negara di dunia.

“Bahkan berdasarkan indikator makroekonomi menunjukkan Indonesia sebagai leader dalam ekonomi dan keuangan syariah di antara negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI,” kata Kepala BI Sumut, Doddy Zulverdi pada opening Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Sumut 2022 di Mesjid Al-Jihad Medan, Jum’at (15/7/2022).

Fesyar Sumut bertemakan “Sinergi Ekonomi dan Keuangan Syariah Regional untuk Memperkuat Pemulihan Ekonomi Sumut yang Inklusif”, Doddy menilai melalui momentum Fesyar Sumut ini sebagai upaya meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah serta mendorong roda perekonomian nasional .

Sebab di kegiatan itu akan diadakan festival, bermacam perlombaan, hingga menyajikan berbagai produk UMKM.

Disebutkan Doddy, besarnya potensi ekonomi syariah dapat menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru untuk mendorong pemulihan tidak hanya di Indonesia bahkan secara global.

Sebagai negara yang memiliki populasi muslim terbesar, secara global, Indonesia menempati peringkat 4, Global Islamic Economic Indicator pada 2021/2022 untuk sektor makanan halal. Peningkatan ekspor makanan halal ke negara anggota OKI

Selain itu Indonesia juga termasuk negara dengan volume transaksi fintech terbesar dan menempati posisi ke-4 dari 64 negara setelah Malaysia, Arab Saudi, dan UEA.

Dijelaskannya, kinerja dan outlook ekonomi syariah Indonesia relatif baik mengingat kapasitas sektor ekonomi halal dan keuangan syariah yang saat ini dimiliki untuk mendukung momentum Indonesia bangkit setelah pandemi.

Dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, Bank Indonesia berperan sebagai AIR (Akselerator, Inisiator, dan Regulator).

“Pelaksanaan Fesyar 2022 merupakan salah satu wujud peran Bank Indonesia sebagai akselerator pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Tentunya peran ini akan menjadi lebih optimal dengan bersinergi bersama berbagai pihak,”ungkapnya

Pada opening Fesyar 2022 tersebut dibuka Anggota Komisi XI DPR RI, Hidayatullah SE dengan ditandai pemukulan tabuh bedug Bersama Kepala BI Sumut Doddy Zulverdi disaksikan Syaf ahli Gubernur Sumatera Utara Agus Tri Priyono, Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Ustadz. Dr. Amirsyah Tambunan.

Hadir juga Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Yusup Ansori, Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar, Teuku Munandar; Kepala Perwakilan BI Sibolga, Aswin Kosotali; Buya Prof. KH. Amiruddin MS, MA, MBA, Ph.D; Ketua Umum Yayasan Mesjid Al-Jihad Medan Baru, Prof. Dr. H. Muhammad As’ad, M.Si dan para undangan lainnya. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.