Hut 10 indosat

Pemerintah Kecamatan Lubuk Barumun Gelar Acara Penyambutan Tahun Baru Islam 1446 H Bersama MUI

PADANG LAWAS – Pemerintah Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padang Lawas berkerjasama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan pemerintah desa se – kecamatan setempat, menggelar acara penyambutan sekaligus peringatan dan perayaan tahun baru Islam, 1 Muharram 1446 Hijiriyah, Minggu (7/7/24).

Acara berlangsung meriah di lapangan MTQ Kecamatan Lubuk Barumun, Desa Gunung Manobot. Kegiatan tersebut, dirangkai dengan acara pawai ta’aruf dengan peserta ibu – ibu wirid yasin, para santri dari berbagai sekolah madrasah, dan pelajar tingkat PAUD, TK, SD dan SMP sederajat, melintasi sejumlah ruas jalan di sekitar pusat kota kecamatan setempat.

Dan acara tausiyah, juga penyerahan hadiah lomba cerdas cermat tingkat anak SD sederajat, serta penyerahan hadiah lomba shalat jenazah kepada para pemenang yang telah di gelar panitia sebelumnya mewakili seluruh desa di kecamatan setempat.

Camat Lubuk Barumun R. H. Adday Robi Harahap SH mengatakan acara peringatan penyambutan tahun baru Islam seperti ini adalah merupakan agenda rutin yang di gelar pihaknya, bersama MUI kecamatan setempat setiap tahun.

Melalui acara peringatan tahun baru Islam tersebut, ia berharap, dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan sinergitas antara pihaknya dengan seluruh elemen masyarakat di kecamatan itu ke depan.

“Selamat merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 hijiriyah. Semoga tahun hijiriyah ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dan membawa berkah bagi kita semua bersama seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas ke depan,” tutur Adday mendoakan di sela – sela acara ini.

Sebelumnya, Adday mengucapkan terimakasih, kepada panitia dan masyarakat luas yang telah turut berpartisipasi untuk mensukseskan acara peringatan 1 Muharram tahun baru Islam 1446 Hijiriyah itu. Melalui acara tersebut, Adday kembali berhadap, dapat mempererat ikatan tali persaudaraan antara pihaknya bersama seluruh panitia, dengan masyarakat luas di kecamatan itu ke depan.

Untuk diketahui, adapun pemenang lomba cerdas cermat antar desa tingkat pelajar SD rangkaian dari acara penyambutan tahun baru Islam Kecamatan Lubuk Barumun itu, di sampaikan sekretaris panitia Andi Rohim Daulay, juara 1 mewakili Desa Pagaran Jae Batu. Juara 2 mewakili Desa Pagaran Jalu – jalu, dan juara 3 mewakili Desa Batang Tanggal Baru.

Sedangkan juara lomba shalat jenazah laki – laki ( pria) kategori peserta umum antar desa se – Kecamatan Lubuk Barumun itu, juara 1, peserta mewakili Desa Aek Lancat, juara 2 Desa Tanggabosi dan juara 3, peserta mewakili Desa Pagaran Jae Batu.

Acara peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1446 H ini, dihadiri Ketua Badan Silaturrahim Pesantren Padang Lawas ( BSPPL) H. Pauzan Hamidy Hasibuan, Ketua MUI Kecamatan Lubuk Barumun H. Sangkot Hasibuan, Bripka Zulkfli Hasibuan, mewakili Kapolsek Barumun Iptu Sakti K. Harahap, dan Serma Ansor Harahap, mewakili Danramil 08 Barumun Kapten Inf Anahar Jusar, serta sejumlah tamu undangan lainnya.(MS)