Hut 10 indosat

Tanggap Bencana, Kodim 0204/DS Laksanakan Program Karya Bakti TNI 2023

DELISERDANG  – Kodim 0204/DS bersama pemerintah Kabupaten Deliserdang melaksanakan program Karya Bakti TNI 2023, yang berlangsung lingkungan di Kecamatan Lubukpakam, jumat (8/12/2023).

Dalam rangka Karya Bakti TNI tersebut, dilakukan dengan kegiatan bersih-bersih pasar tradisional dan penanaman pohon sepanjang bantaran aliran sungai Kualanamu.

Program Karya Bakti dibuka langsung oleh Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto di halaman pasar tradisional Bakaran Batu, selain diikuti Pemerintah Kecamatan Lubukpakam, juga dihadiri pihak dari Polsek Lubukpakam, FKPPI Deliserdang dan masyarakat sekitar yang turut ikut serta melaksanakan Karya Bakti TNI 2023.

Dalam arahannya Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto mengatakan bahwa kegiatan karya bakti TNI ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia. TNI bersama Pemerintah dan Masyarakat bergotong royong dalam tanggap bencana salah satunya antisipasi banjir saat musim penghujan.

Dikatakan Letkol Czi Yoga Febrianto, pada semua elemen yang terlibat dalam bakti sosial ini melakukan pembersihan pasar tradisional dan parit drainase dari sampah yang menghambat aliran air.

“Selain melakukan pembersihan saluran air, kita juga melakukan penanaman pohon dibantaran sungai Kualanamu sebagai bagian dari pelestarian alam,” sebut Dandim 0204 DS.

Letkol Czi Yoga Febrianto menyebutkan bahwa beberapa daerah di teritorial Kodim 0204/DS memang telah menjadi atensi rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Dengan itu, untuk antisipasi pihaknya melalui jajaran Koramil diwilayah masing masing sudah diperintahkan terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan Pemerintah setempat baik dalam kegiatan antisipasi maupun penanggulangan bencana.

“Tentunya prajurit TNI Kodim 0204/DS dimasing masing wilayah terus memonitor lingkungan dan masyarakat disekitarnya. Ini tanggung jawab bersama bukan hanya TNI namun juga masyarakat dalam mengantisipasi bencana alam demi menjaga dan merawat lingkungan dan saat ini wilayah teritorial Kodim 0204/DS masih aman dan kondusif,” sebut Dandim.

Dilokasi yang sama, Camat Lubukpakam, Drs. Syahdin Setia Budi Pane mengatakan Pemerintahan Kecamatan Lubukpakam tentunya mendukung penuh kegiatan Karya Bakti TNI yang digelar Kodim 0204/DS dalam program pelestarian lingkungan dan pembersihan parit serta pasar tradisional.

“Untuk pembersihan parit dilakukan di Desa Bakaran Batu. Sementara penanaman pohon dibantaran sungai di Desa Pagarmerbau III Kecamatan Lubukpakam. Sejauh ini untuk menjaga kebersihan dan saluran parit, Pemerintah Kecamatan Lubukpakam juga rutin melakukan pembersihan melalui tim yang ada,” ucap Syahdin.

Menanggapi kegiatan ini, Trikarno, Warga Dusun V, Desa Pagarmerbau III, Kecamatan Lubukpakam mengatakan terlaksananya program Karya Bakti TNI warga berterimakasih atas kepeduliannya dari Kodim 0204/DS, Camat Lubukpakam, Polsek dan ormas FKPPI serta Karang Taruna Lubukpakam yang melaksanakan bakti sosial di kampung kami.

“Kami sebagai warga mengucapkan terimakasih atas kepedulian seluruh pihak yang terlibat pada kegiatan hari ini tentunya kegiatan ini tentunya menjadi rangsangan bagi kami masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan kedepannya,” ujar Trikarno.

Sementara itu, dalam rangka Karya Bakti TNI 2023 dijajaran wilayah turut melibatkan sebanyak 300 orang terdiri dari Personel Kodim 0204/DS, Koramil Lubukpakam, Personel Polsek Lubukpakam, Anggota FKPPI, Karang Taruna, Pegawai Kecamatan, Desa dan Masyarakat dan untuk jumlah pohon yang ditanam dibantaran sungai lebih kurang 500 pohon berbagai jenis.(sumber: metrojurnal.com)