Hut 10 indosat

Peluang PDIP Usung Bobby, Puan: Bisa Saja!

JAKARTA – PDIP membuka peluang mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut pada Pilkada 2024 serentak.

Hal ini terungkap dari tanggapan Ketua DPP PDIP Puan Maharani atas pertanyaan awak media terkait peluang mendukung Bobby yang baru-baru ini mendapat dukungan resmi dari PKB.

“Bisa saja,” ujar Puan, Jumat (5/7/2024).

Kendati demikian, dia mengungkapkan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu belum memutuskan untuk mengusung Bobby.

Meskipun begitu, Puan mengatakan PDIP masih belum menjatuhkan keputusannya soal Pilgubsu 2024 mendatang.

“Belum ada keputusan, tapi bisa saja,” jelasnya.

Sebelumnya, Kamis (6/6/2024), PDI Perjuangan menegaskan tidak akan mengusung Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Sumut 2024.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah menyampaikan permohonan maaf secara terbuka kepada rakyat Indonesia pada Rakernas V PDIP beberapa pekan lalu karena tingkah laku kader yang tidak taat konstitusi.

“Sikap politiknya sudah menyampaikan permohonan maaf kepada rakyat Indonesia atas perilaku kader yang tidak taat pada konstitusi, tidak menjaga demokrasi, tidak melaksanakan agenda reformasi, sehingga sikapnya sudah sangat jelas,” kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Jakarta.

Oleh sebab itu, Hasto menyatakan sudah jelas PDIP tidak akan lagi mengusung kader atau mantan kader yang tidak tegak lurus dengan arahan partai.

Bobby Nasution sudah dipecat sebagai kader PDIP setelah menyatakan mendukung presiden terpilih Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Padahal, PDIP mengusung Ganjar Pranowo.(ant/klt)