Jerman Dapat Jatah 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Bayern Munich meraih hasil saat menjamu Real Madrid, sementara Borussia Dortmund menang 1-0 atas Paris Saint-Germain di leg pertama semifinal Liga Champions musim ini. Hasil ini membuat Bundesliga dipastikan memperoleh jatah lima tim sebagai wakil di Liga Champions musim depan.

Mulai musim depan, Liga Champions akan menerapkan format baru dengan bertambahnya jumlah peserta menjadi 36 tim.

UEFA kemudian memberikan jatah tambahan khusus untuk dua liga yang meraih nilai poin koefisien tertinggi di musim sebelumnya.

Poin koefisien ini dihitung dari hasil yang diraih wakil negara tersebut di tiga kompetisi Eropa.

Serie A sudah memastikan satu slot tambahan sejak April lalu usai AS Roma dan Atalanta lolos ke semifinal Liga Europa dan Fiorentina ke empat besar Conference League.

Sedangkan satu tempat sisanya sempat diperebutkan oleh Bundesliga dan Premier League.

Hingga babak semifinal Liga Champions musim ini, koefisien Bundesliga unggul dari Premier Laegue dengan mengumpulkan 17,928 poin berbanding 17,375 poin. Bundesliga juga memiliki wakil lebih banyak.

Sementara Inggris hanya diwakili Aston Villa di Conference League, sedangkan Jerman memiliki Bayern dan Dortmund di Liga Champions serta Bayer Leverkusen di Liga Europa.

Agar Inggris bisa meraih jatah kelima Liga Champions, Aston Villa harus menjadi juara Conference League dan tiga wakil Jerman harus menelan kekalahan di dua laga semifinal. Namun hal itu gagal diwujudkan Inggris.

Dengan hasil kemenangan Dortmund atas PSG dan hasil imbang Bayern dengan Madrid membuat Bundesliga mendapat tambahan 0,429 poin sehingga menjadi 18,357 poin. Sedangkan poin maksimal Premier League hanyalah 18,25 jika Aston Villa menjadi juara.

Jerman menjadi negara kedua yang berhak mengirim lima wakil ke Liga Champions musim depan setelah Italia.

Bundesliga bahkan bisa menambah wakil menjadi enam, bila Dortmund memenangi Liga Champions dan finis di posisi lima. Dalam kondisi itu, jatah kelima akan diberi ke tim peringkat enam.

Hingga pekan ke-31, posisi lima besar Bundesliga diisi secara berurutan oleh Leverkusen, Bayern, Stuttgart, RB Leipzig, dan Dortmund. Dengan tiga laga sisa, secara matematis kelimanya sudah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.