Hut 10 indosat

Rangkaian GBBWI dan GBBI, Sekda Provsu Lepas  Peserta BMPD Medan Run 2024

MEDAN -Seribuan peserta Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Medan Run 2024 bertarung di 5 dan 10 K,  Minggu (7/7/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprovsu Arief Sudarto Tri Nugroho secara resmi melepas peserta BMPD Medan tersebut dari Lapangan Benteng Jalan Imam Bonjol Medan.

Pelaksanaan BMPD Medan Run 5K/10K ini bagian dari ajang Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBWI) dan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) 2024 serta merupakan penutupan dari rangkaian Karya Kreatif Sumatera Utata (KKSU) dan North Sumatra Invest (NSI) Day Bank Indonesia Sumatera Utara kolaborasi bersama perbankan di Sumut.

Pelepasan seribuan peserta BMPD Medan Run dari berbagai daerah di Sumut tersebut sekitar pukul 06.00 WIB, disaksikan Deputi Bank Indonesia Sumut, Dandim 0201 Medan, Haerd Manager BRI, BTN.

Adapun rute kategori 5K, yakni Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng) – Letjen Suprapto, Guru Patimpus – Maulana Lubis dan finish di Lapangan Benteng.

Sedangkan kategori 10K, Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng) – Letjen Suprapto, Guru Patimpus- Gatot Subroto – Iskandar Muda-Gajah Mada- S Parman -Sudirman- P Diponegoro- Kapt Maulana Lubis- finish Jalan Imam Bonjol (Lapangan Benteng).

Sekda Provsu Arief Sudarto Tri Nugroho mengapresiasi pelaksanaan BMPD Medan Run 2024.

Dia mengharapkan, kegiatan seperti ini tetap dilanjutkan dan dijadikan sebagai program tahunan.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti semua rangkaian dari awal hingga akhir,” ujarnya.

Ketua Panitia BMPD Medan Run 2024, Andrianta Tarigan, mengatakan tujuan event ini digelar agar Kota Medan memiliki lomba lari berstandar nasional dan tidak ketinggalan dengan kota besar lainnya di Indonesia.

Diharapkan event BMPD Medan Run ini dapat menjadi event yang memiliki standart baik dari pra race, race dan after race dan dapat terus berlangsung di tahun tahun berikutnya,” jelas Andrianta Tarigan.

BMPD Medan Run 2024 turut menggandeng komunitas lari di Kota Medan. Di antaranya, RunMDN, Runvolution, Banana Runners, Medan Merdeka Runners, 246 Rosdrunners dan RUNKTL.

Dia mengakui Medan Run 2024 kali ini diikuti beberapa pelari tingkat nasional asal Sumut maupun tingkat daerah binaan Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI)  Sumatera Utara dan masyarakat umum lainnya berasal dari berbagai daerah seperti Banda Aceh dan Jakarta.

Disebutkanya, BMPD Medan Run 2024 diikuti pelari atlet nasional asal Sumut binaan PASI Sumut berkisar 10 orang untuk 5K dan 10K,” ujar Andrianta Tarigan.

Tampil sebagai pemenang pertama katagori master 10K diraih Nina Lu dengan nomor dada F-11005 .

Di antara ribuan peserta BMPD Run 2024 tersebut tampak
mantan Wagub Sumut Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Usai mencapai finish, Ijeck mengapresiasi gelaran BMPD Medan Run yang penuh antusias, khususnya anak-anak muda yang semakin sadar dengan olahraga dan kesehatan.

“Ini seru karena rame, biasakan kita lari sendiri-sendiri. Jadi ini lebih semangat, apalagi pesertanya banyak anak muda. Tadi saya finish 5K dengan waktu sekitar 34 menit,” unar Ijeck. ( swisma)